Thursday, April 14, 2011

PERGURUAN TINGGI PERLU ADA DI TANJUNG MORAWA
Oleh : Sawiyanto, S.PdI

Dalam 3 Tahun terakhir Perkembangan Pendidikan di Kecamatan Tanjung Morawa maju sangat pesat terutama Pendidikan Madrasah di tingkat Anak Usia Dini, seperti Raudhatul Athfal (RA) dan Kelompok Bermain (Kober) serta Pendidikan pada jenjang MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA dan SMK dengan berbagai Jurusan yang ada. Tidak boleh dibiarkan begitu saja bertambahnya Lembaga Pendidikan dan Jumlah Murid yang begitu drastis secara kuantitas, jika tidak dibarengi dengan Kondisi Tenaga Pendidik baik dari Kuantitas terlebih lagi Kualitas guru-nya.
Khusus untuk tingkat lanjutan Atas pada Setiap tahunnya usia sekolah masyarakat Tanjung Morawa sekitar kurang lebih 1000 siswa harus melanjutkan pendidikannya yang lebih tinggi (masuk ke Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta).
Untuk itu sudah saatnya di Kecamatan Tanjung Morawa didirikan/dibuka sebuah Perguruan Tinggi secara permanen agar putra-putri Tanjung Morawa dapat terbantu dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. Setidaknya penghematan biaya/ongkos transportasi yang harus dikeluarkannya (tidak lagi keluar dari Tanjung Morawa).
Disamping itu perluasan dan pemerataan pendidikan Perguruan Tinggi dapat dirasakan oleh golongan masyarakat ekonomi lemah sampai ke daerah pedesaan yang jauh dari perkotaan.
Kepeduliannya adalah menyahuti Program Pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Cerdas peserta didik harus diawali dengan cerdasnya Tenaga pendidik.
Semoga terwujud.