Tuesday, July 12, 2011

MASA ORIENTASI SISWA (MOS) TAHUN PELAJARAN 2011/2012
MTs. YP. H. DATUK ABDULLAH TANJUNG MORAWA


Assalamu’alaikum wr.wb

Tahun Pelajaran Baru akan segera dimulai. Bagi sebagian calon siswa dan siswi, MOS adalah sesuatu yang ditunggu namun tak jarang sebagian yang lain merasa khawatir terutama setelah media massa memberitakan beberapa kejadian begitu menakutkan siswa hingga sampai memakan korban jiwa.

Calon siswa dan siswi MTs. YP. H. Datuk Abdullah Tanjung Morawa tidak perlu khawatir karena MOS yang dilakukan jauh dari kekerasan, hinaan serta kegiatan-kegiatan sia-sia yang banyak terjadi pada sekolah-sekolah pada umumnya. Sebaliknya calon siswa dan siswi akan mendapatkan materi yang sangat berharga dan full manfaat.

Bagi diri setiap anak, memasuki jenjang pendidikan formal yang baru merupakan sebuah masa ketika ia harus berhadapan dengan lingkungan dan dunia yang baru. Untuk itu, mereka memerlukan tahap peninjauan, pengenalan, dan adaptasi terhadap lingkungan baru yang mereka masuki. Tahap itulah yang akan mereka lalui dalam kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS).

Suasana sorak sorai dengan topi kerucut, kaos kaki warna warni, empengan bayi, celana dilinting sebelah, hukuman yang mengada-ada, bentakan hingga bullying yang berbahaya, pita rambut serta asesoris yang aneh-aneh adalah hal yang kami jauhkan. Kami ingin menjadikan MOS sebagai sarana yang betul-betulu efektif untuk memperkenalkan dan membentuk siswa untuk siap dididik secara islami dan penuh suasana akademis tanpa menghilangkan keceriaan remaja.
Dalam kegiatan MOS, hal terpenting yang harus diberikan kepada siswa baru adalah pengenalan budaya sekolah atau school culture yang merupakan pencitraan dari sekolah dan telah menjadi karakter sekolah itu sehingga menjadi terkenal. Para siswa baru perlu diperkenalkan hal seperti ini agar mereka tahu bahwa sekolahnya adalah sekolah yang terbaik yang mereka pilih.

Dengan kondisi MOS yang bersahabat, para siswa baru dapat dengan mudah mengaktualisasikan bakat dan kemampuannya dalam berbagai macam kegiatan, terutama seni dan ajang kompetisi lainnya. Dengan demikian, mereka dapat mengaktualisasikan potensi kreatif yang dimiliki.

MOS bukanlah arena perpeloncoan para siswa baru. MOS adalah sarana siswa baru untuk lebih mengenal sekolahnya, kakak kelasnya, dan para guru-gurunya. Oleh karenanya, rasa saling menghargai satu sama lain harus diperkenalkan sejak awal memasuki sekolah baru.
Layaknya memasuki dunia baru, tentu ada perasaan asing dalam diri mereka terhadap lingkungan teranyarnya. Di sinilah pentingnya sebuah proses pengenalan, pembelajaran, dan pemahaman segala macam yang melekat pada lingkungan baru mereka. Semua proses kegiatan itulah yang terangkum dalam kegiatan MOS di sekolah MTs. YP. H. Datuk Abdullah Tanjung Morawa.

Dalam kegiatan MOS pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan MOS MTs. YP. H. Datuk Abdullah Tanjung Morawa adalah :
1. Memperkenalkan dan membentuk siswa yang berakhlak islami
2. Membentuk siswa yang menghargai waktu dan disiplin
3. Melatih fisik siswa agar mampu melaksanakan tugas yang diberikan
4. Melatih kerjasama (amal jama’i)
5. Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki
6. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.
Semua kegiatan yang dilaksanakan selama orientasi diarahkan pada pembentukan siswa yang memenuhi kepribadian anak muslim dan pengenalan terhadap sekolah mereka yang baru.

Dari berbagai aktivitas yang diberikan selama MOS akan dapat mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki siswa, mengenalkan budaya sekolah, dan saling berinteraksi dengan teman-teman baru.

Kegiatan MOS tahun pelajaran 2011-2012 dilaksanakan dari tanggal 11 – 13 Juli 2011. Selama kegiatan berlangsung para peserta akan mendapatkan berbagai materi yang dikemas oleh tim kurikulum dan pembinaan.

Beberapa materi yang disampaikan antara lain :
• Pengenalan lingkungan madrasah dan tenaga edukatif
• Misi dan Visi MTs. YP. H. Datuk Abdullah Tanjung Morawa
• Pengenalan Tata Tertib Sekolah
• Akhlak islami
• Teknik belajar Efektif
• Hak dan kewajiban siswa
• Pendidikan Karakter
• Lain-lain yang dianggap perlu.

Ketika sebuah sekolah terasa aman dan nyaman, maka akan diperoleh suasana pembelajaran yang menyenangkan. Ketika suasana telah menyenangkan, maka segudang prestasi akan muncul. Prestasi akan mencuat ke permukaan ketika para siswa telah mengenal budaya sekolahnya.

Mengingat efektifnya kegiatan masa orientasi siswa dalam menghantarkan calon siswa memasuki dunia barunya maka panitia berusaha semaksimal mungkin untuk melancarkan kegiatan tersebut. Semoga Allah swt memberi pertolongan dalam acara tersebut.

Wassalamu’alaikum wr.wb


Refleksi MOS dari
Kepala MTs. YP. H. Datuk Abdullah
Tanjung Morawa




SAWIYANTO, S.PdI