Monday, February 25, 2013

Pengertian Kepemimpinan

0 comments
Oleh: Sawiyanto, MA.
Ada banyak pengertian "Kepemimpinan", antara lain:
Menurut Stogdill (1974) "Kepemimpinan adalah 1) fokus dari proses kelompok 2) penerimaan kepribadian seseorang 3) seni memengaruhi perilaku 4) alat untuk memengaruhi perilaku 5) suatu tindakan perilaku 6) bentuk dari ajakan (persuasi) 7) bentuk dari relasi yang kuat 8) alat untuk mencapai tujuan 9) akibat dari interaksi 10) peranan yang diferensial 11) pembuat struktur.
Menurut Yukl (1987) " Kepemimpinan adalah :
1. perilaku dari seorang individu yang memimpin aktivitas-aktivitas suatu kelompok ke suatu tujuan yang ingin dicapai bersama (shared goal);
2. pengaruh antarpribadi yang dijalankan dalam suatu situasi tertentu, serta diarahkan melalui proses komunikasi ke arah pencapaian satu atau beberapa tujuan tertentu;
3. pembentukan awal serta pemeliharaan struktur dalam harapan dan interaksi;
4. peningkatan pengaruh sedikit demi sedikit, pada dan berada di atas kepatuhan mekanis terhadap pengarahan-pengarahan rutin organisasi;
5. proses memengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan;
6. sebuha proses memberikan arti (pengarahan yang berarti) terhadap usaha kolektif, dan yang mengakibatkan kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaran;
7. mereka yang secara konsisten memberikan konstribusi yang efektif terhadap orde sosial, serta yang diharapkan dan dipersepsikan melakukannya.
Menurut Surat Keputusan badan Administrasi Kepegawaian Negara No. 27/KEP/1972 "Kepemimpinan" ialah kegiatan untuk meyakinkan oranglain sehingga dapat dibawa turut serta dalam suatu pekerjaan.
Menurut Surat Edaran Kepala badan Administrasi Kepegawaian Negara No. 02/SE/1980 "Kepemimpinan" ialah kemampuan seorang Pegawai Negeri Sipil untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat dikerahkan secara optimal.
Menurut terry & Rue (1985) "Kepemimpinan" adalah hubungan yang ada dalam diri seorang pemimpin, memengaruhi orang lain untuk bekerja sama secara sadar dalam hubungan tugas yang diinginkan.
Menurut Yaverbaum & Sherman (2008) "Leadership is act of gaining cooperation from people in order to accomplish something." (Kepemimpina adalah tindakan mendapatkan kerjasama dari orang untuk mencapai sesuatu.").
Menurut Sanusi (1989) "Kepemimpinan" adalah penyatupaduan dari kemampuan, cita-cita dan semangat kebangsaan dalam mengatur, mengendalikan, dan mengelola rumah tangga keluarga maupun organisasi atau rumah tangga negara.

0 comments: